Dinda: Program JKN, Pelayanannya Terbaik

Published On July 25, 2022 | By Tjandra FM | Cianjur News

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Kawula muda pun tidak luput mengikuti perkembangan penyelenggaraan program ini, terlebih sudah semakin banyak akses pelayanan dan informasi JKN yang dapat diperoleh secara mudah. Hal ini disampaikan oleh Kharisma Imut Adinda (21), salah satu anak muda penduduk Kabupaten Sukabumi yang menjadi peserta JKN. Ia terdaftar dari kepesertaan orangtuanya yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.
“Program JKN bermanfaat besar bagi masyarakat, karena dengan menjadi peserta JKN masyarakat dapat lebih terlindungi finansialnya. Apabila sakit memerlukan pelayanan kesehatan dan tidak perlu mengkhawatirkan lagi biayanya, yang terkadang membutuhkan uang tidak sedikit,” ujar Dinda, Rabu (31/08).
Menjadi peserta JKN bagi Dinda sangat membuka mata dan menambah wawasannya bahwa program ini memang adalah bukti nyata pemerintah hadir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dalam hal pelayanan kesehatan.
“Orang tua saya di Sukabumi pun tenang, karena JKN akan menjamin jika saya sakit walaupun jauh dari rumah. Apalagi sekarang sudah banyak pelayanan yang dapat kita akses secara online. Itu keren karena mengikuti perkembangan jaman. Saya follow media sosialnya BPJS Kesehatan, banyak sekali informasi yang selalu update di sana,” ungkap Dinda.
Satu yang berkesan bagi Dinda adalah aplikasi Mobile JKN, karena sangat membantu di saat Dinda berada di Bandung menuntut ilmu.
“Untuk memudahkan jika saya memerlukan pelayanan kesehatan saat sakit, saya memindahkan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang dekat kampus. Dan itu sangat mudah, cukup melalui aplikasi Mobile JKN,” tambah Dinda.
Dinda juga berbagi pengalamannya saat sakit dan menggunakan JKN di rumah sakit. Waktu itu sekitar tahun 2017 ia pernah dioperasi di salah satu rumah sakit swasta di Sukabumi.
“Mulai dari konsultasi di Puskesmas terus dirujuk ke rumah sakit untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis bedah, semuanya lancar. Bahkan ketika saya harus dioperasi dan menjalani rawat inap, semuanya tidak ada kendala. Alhamdulillah JKN memang yang terbaik, semoga selalu terus memberikan pelayana jempolan kepada masyarakat,” ungkap Dinda (BS/ne).

(Tjandrafm cianjur)

Like this Article? Share it!

About The Author

Tjandra 100.6 FM Cianjur | Favorite Station

Leave a Reply

Your email address will not be published.

71 − = 64