BPJS Kesehatan Sukabumi Dorong FKTP Optimalkan Skrining Riwayat Kesehatan

Published On September 5, 2022 | By Tjandra FM | Cianjur News

BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi menggelar acara Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Promotif Preventif Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Swasta di Kabupaten Cianjur, Selasa (30/08). Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Dwi Ayu Larasati menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk apresiasi kepada FKTP dalam mengoptimalkan upaya pelayanan promotif dan preventif di FKTP.
“Pelayanan promotif dan preventif akan optimal tidak lepas dari kolaborasi dan dukungan aktif FKTP. “Diharapkan pertemuan ini dapat meningkatkan komitmen FKTP untuk lebih mendongkrak mutu pelayanan promotif dan preventif dalam penyelenggaraan Program JKN. Harapannya, ke depannya ada peningkatan perilaku hidup sehat untuk status kesehatan peserta JKN,” ujar Dwi.
Dwi pun menyampaikan bahwa manfaat pelayanan promotif dan preventif meliputi pelayanan penyuluhan kesehatan perorangan, imunisasi rutin, keluarga berencana, peningkatan kesehatan bagi peserta penderita penyakit kronis, dan skrining riwayat kesehatan.
“Skrining riwayat kesehatan termasuk upaya preventif kesehatan karena dapat menjaring peserta dengan potensi risiko penyakit hipertensi, jantung koroner, ginjal kronis dan diabetes mellitus. Untuk capaian skrining riwayat kesehatan tahun 2021 telah meningkat signifikan hingga 2,2 juta peserta dari target 1 juta,” ungkap Dwi.
Menurutnya, skrining riwayat kesehatan bermanfaat tidak hanya bagi peserta JKN, tetapi juga untuk FKTP yang melayani peserta. Bagi peserta melalui skrining ini dapat mengetahui potensi risiko penyakit kronis, sehingga diharapkan peserta dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut. Adapun untuk FKTP, salah satu manfaat skrining adalah membantu akses peserta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan JKN khususnya yang belum pernah memanfaatkan JKN, sehingga akan berdampak pada peningkatan kepuasan peserta JKN.
Pemaparan mengenai aplikasi Mobile JKN juga diberikan kepada  para undangan, karena Skrining Riwayat Kesehatan  termasuk dalam salah satu fitur atau menu di Aplikasi Mobile JKN. Selain itu skrining ini pun dapat di akses melalui website BPJS Kesehatan, Chat Asisstance BPJS Kesehatan (CHIKA) dan Aplikasi P-Care FKTP. 
“Alhamdulillah kegiatan ini meningkatkan wawasan kami untuk selalu memperbarui informasi seputar perkembangan pelayanan Program JKN, sebagai bekal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN,” ujar Yana, perwakilan dari Klinik Asri Cianjur. (BS/ne)

[Tjandrafm]

Like this Article? Share it!

About The Author

Tjandra 100.6 FM Cianjur | Favorite Station

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 2 =